Monday, September 27, 2010

Dua Garis Merah Muda

Jumat, 24 September 2010, pagi hari sekali sekitar pukul 03.03 WIB, istri membangunkan saya.

“Mas, saya mau pipis. Gimana kalo sekarang aja tes-nya?”

“Ya sudah.” Jawab saya.

Setelah terlambat haid sekitar satu minggu dari siklus normalnya, malam sebelum pagi itu, dia mengajak saya ke apotik untuk membeli strip uji kehamilan. Pagi itu pun jadi hari bersejarah dalam kehidupan rumah tangga kami (jiah). Untuk pertama kalinya, istri saya melakukan tes uji kehamilan.

Setelah menampung urine dalam wadah yang telah disiapkan malam harinya, saya membuka bungkus strip dan mencelupkannya ke urine sesuai dengan instruksi pada kemasan yang sebelumnya telah berulang kali kami baca. 30 detik pun berlalu, dan bahkan sebelum saya mengangkat strip itu dari celupan urinee, dua garis warna merah muda telah muncul dengan sangat jelas. Alhamdulillah.

dua garis merah muda


Ya, istri saya hamil!! (insyaAllah, karena alat uji kehamilan yang kami pakai –katanya- memiliki tingkat akurasi hingga 99%). Kami pun saling memandang, dan lalu tersenyum.

Amazing. I’ll be a father! (insyaAllah)

Tentang Strip Uji Kehamilan

Strip uji kehamilan adalah strip tes yang digunakan untuk mendeteksi adanya hormon Human Chrionic Gonadotrophin (hCG) dalam urine -umumnya dengan kepekaan hingga 25mlU/ml urine-. Hormon hCG adalah hormon glycoprotein yang dihasilkan oleh jaringan plasenta yang sedang berkembang sesaat setelah terjadi pembuahan. Oleh karena itu hormon hCG merupakan petunjuk yang baik untuk mendeteksi kehamilan secara dini.
  • Tes uji kehamilan dengan strip sudah dapat dilakukan kurang lebih 7 hari setelah berhubungan/pembuahan terjadi.
  • Tes uji kehamilan dengan strip dapat dilakukan kapan saja; pagi, siang, ataupun malam. Berikan jarak sekitar 4 jam antara buang air kecil terakhir dengan sampel urine yang akan dites agar kadar hormon hCG dalam urine mencukupi sehingga bisa terdeteksi. Namun, disarankan untuk menggunakan urine pertama pagi hari karena memiliki konsentrasi hormon hCG paling tinggi.
  • Hasil positif ditandai dengan munculnya dua garis. Warna kedua garis bisa bervariasi mulai dari ungu tua hingga pink, tergantung kadar hormon hCG yang terdeteksi, namun hal ini tidak perlu menimbulkan keraguan akan keakuratan hasilnya. Selama tes dilakukan sesuai petunjuk pemakaian, maka hasil dua garis menunjukkan anda positif hamil. Untuk menghilangkan keraguan hasil tes harus dibaca dalam waktu 1-3 menit, dan jangan dibaca setelah 8 menit.
  • Jika strip tidak keluar garis sama sekali, sangat mungkin tes yang anda lakukan keliru. Baca petunjuk pemakaian dengan cermat, ulangi tes sekali lagi dan pastikan tes anda lakukan dengan benar.
  • Jika hasil negatif meskipun sudah terlambat haid (dan tes telah dilakukan dengan benar), maka penyebab keterlambatan haid bukan karena kehamilan, tetapi karena faktor lain seperti gangguan hormonal. Segera konsultasikan dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih intensif.
  • Jika hasil positif, berarti anda hamil. Segera konsultasikan dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.
Sumber: SENSITIF

No comments:

Post a Comment