Friday, December 14, 2012

Cara Bikin Daftar Isi Otomatis di Ms Word

Capek dong, yah? Tiap kali atasan ngerevisi konsep laporan, kamu harus neliti lagi halaman demi halaman buat nyocokin nomor halaman ke daftar isi? Mending-mending kalau atasan kamu (yang ngrevisi) cuma satu, kalau ada lima belas?! Sebenernya kalau kamu pinter dikit, suruh aja junior kamu yang ngerjain bikin aja daftar isinya belakangan pas laporan udah final. Tapi karena kamu maunya pinter banyak, bikin aja daftar isi otomatis! Kayak gimana tuh, yuk kita bahas. Bagi yang belum tahu, semoga berguna. Bagi yang udah tahu, ngapain kamu masih di sini? Pergi sana! Aku tidak mau melihat mukamu lagi! Enyahlah!! #becanda, *sinetron banget ya*

Sebelumnya, karena saya memakai Ms Office 2010, maka saya akan jelaskan berdasarkan versi tersebut. Apa? Kamu pakai Ms Office 2007? Ga masalah, mirip-mirip kok. Apa? Kamu masih pakai Ms Office 2003? Plis deh, itu udah sewindu lebih. Apa? Ms Office kamu bajakan? Itu urusan kamu! Apa? Ms Office kamu versi 2003 dan bajakan? Wuargh!! Apa? kamu belum bisa pake Ms Word? Apa bedanya kamu dengan atasan kamu!!! *btw, kelas ini aktif sekali ya, banyak pertanyaan*

Langkah pertama, kamu selesaiin dulu aja ‘batang tubuh’ konsep laporan --proposal, atau dokumen apapun itu-- kamu, ntar kalau udah beres baru kita bicarakan masalah Daftar Isi.

Kalau udah, kedua, blok kata atau frasa judul yang akan kamu tampilkan di Daftar Isi, lalu klik pada toolbar atas ‘Heading 1’. Biar kamu nggak bingung, garuk-garuk kepala sampe ketombemu terbang kemana-mana, ni saya kasih ilustrasinya:

Membuat Daftar Isi Otomatis (Langkah 2)

Jelas, kan ya?

O ya, mungkin judul yang kamu blok letaknya bakal kegeser-geser --tapi tenang, ga sampe geser ke monitor tetangga kok; berubah ukuran, jenis, dan bahkan warna font-nya. Kamu nggak usah sedih, karena itu bisa di-edit lagi sesuka hati kamu, kok.
 
Langkah ketiga, blok kata atau frasa sub judul yang akan kamu tampilkan di Daftar Isi, lalu klik pada toolbar atas ‘Heading 2’.

Membuat Daftar Isi Otomatis (Langkah 3)

Langkah keempat, kamu lakukan hal yang sama pada judul dan sub judul, bab, sub bab, atau apa pun itu istilahnya, yang mau ditampilkan di Daftar Isi, sampai akhir dokumen kamu. O ya, kalau ada sub-sub judul, bertarti kasih ‘Heading 3’ ya. Kalau masih ada sub-sub-sub judul, kasih ‘Heading 4’, dst kalau perlu sampai ‘Heading 99’!! Etapi Ms Ofiice nggak nyediain sampe ‘Heading 99’ deh, kayaknya. *Btw, paham, kan? Kalau nggak paham, yaaa kamu harus lebih giat lagi belajarnya ya, Nak.*

Kalau udah, langkah pamungkas adalah kamu sediakan 'lahan kosong' di dokumen kamu itu, terus kamu pergi ke tab Reference di toolbar atas, klik Table of Contents,  pilih Automatic Table of Contents. Taraaa.... Wow, mejik!

Membuat Daftar Isi Otomatis (Langkah 5)
Udah, tinggal dirapiin aja, Daftar Isinya, sesuka hati kamu --atau sesuka hati atasan kamu.

Membuat Daftar Isi Otomatis (Rapikan)
O ya, sesuai tujuan semula, biar kalau 'batang tubuh'nya di-edit dan halamannya berubah-ubah, kamu ga perlu teliti ulang nomor halaman di Daftar Isi, kamu cukup klik kanan pada Daftar Isi, terus klik Update Field.

Membuat Daftar Isi Otomatis (Update Field)
Selesai. Tutorial ini gratis, tis. Tapi kalau kamu maksa-maksa pengen bayar, kasih aja seikhlasnya ke fakir miskin di sekitar kamu ya. Sampai jumpa lagi di tutorial yang lain, insyaAllah.

107 comments:

  1. Thx gan..sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. sukses gan, lagi buat tugas makalah B.Indo

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih sobat udah mau membagi ilmunya .

    ReplyDelete
  4. mantep bgd nih,,
    thanks sobat!

    www.rieztoshare.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke. <-- biar beda dgn reply d atas, ditambahi hruf 'e'

      Delete
  5. iki erwin ruangan sebelah tho? oalah.. manteb bro bloge

    ReplyDelete
  6. "estehmanishangatnggakpakegula" kata yg mudah tapi sulit dicerna orang "awam" hahaha..
    agan kreatif...
    isinya juga bagus.. (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Terima kasih. Emm.., yg sulit dicerna mah kubis, kacang, sirsak, nangka, gitu2, Mas, apalagi sekulit-kulitnya. Hehehe.. <-- beda kan[?] ketawa org yg masih inget anak istri..

      Delete
  7. wooooo.. thx gan bermanfaat sekali, apa lagi buat yag mals kayak ane gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kayaknya kamu emang pemales banget ya, sampe nulis males aja 'mals'.

      Delete
  8. Terima kasih Gan.
    Muanttteeebbbbhhhhhhzzzzzz.....
    BTW, background blok ini dinding rumah agan ya???? ^_^

    ReplyDelete
  9. mau nglawak apa kasih tips gan,, hahaha

    ReplyDelete
  10. Ane dah cobaa.. tapi masih berantakan ini bro...
    gimana deh tu ane bingung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, tinggal suruh ngrapiin bosnya. eh.

      Delete
  11. Terimakasih banyak gan...
    Ane lagi bingung bikin daftar isi, Alhamdulillah ketemu blog agan Sangat membantu...

    http://trolibelanja.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak. Senang bisa membantu.

      Delete
  12. Thanks ya,kebetulan gw lagi lupa tentang ini,dan ketemu ini blog...^^

    ReplyDelete
  13. Thanks Broo Artikel yang Sangat Menarik.
    Tahitian Noni

    Sudah Terbukti Bahwa Maxidoid mampu memberikan Manfaat kesehatan dalam 2 minggu.

    Tidak diragukan lagi manfaat dari Produk Tahitian Noni sudah melalui 14 Uji Klinis dan 52 Hak Patent International.

    muantaff..
    salam kenal ya mas.
    by admin Tahitian Noni Jakarta http://www.tahitiannonijakarta.com

    ReplyDelete
  14. maaf gan untuk merapikan kembali judul atau sub judul atau lainnya gmn, setelah klik heading 1 atau 2 kan jadi berubah bentuk? mohon penjelasannya terima kasih

    ReplyDelete
  15. Udah nyobain. Terima kasih.
    btw klo di isinya kita edit lagi trus ada halaman nya yg berubah, dari daftar isi yg udah di buat gak bisa langsung ikutan berubah juga ya nomor halamannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik kanan Update Field, Gan, di Daftar Isi-nya. Ga bisa/blm tahu yg otomatis berubah.

      Delete
  16. hahahaha meskipun agak lebay agannya, tapi masuk banget ke otak gan. makasih gan laporan ane jadi lebih clinggg, dan gak bakal diomelin dosen lagi deh gara2 pake manual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Gan. Dosen ente habis baca blog ini juga kalik. ;P

      Delete
  17. Thx Gan Infonya sangat berguna untuk membantu bikin Skripsi ane .. hehe :D

    ReplyDelete
  18. wkkkk, bahasanya, gak nahan.hehehe

    tq gan, berguna banget bahasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous yg ini mayan jeli, ga salah nulis 'bahasanya' dengan 'bahasannya' (double n). #sekalikalireplykomenserius

      Delete
  19. banyak membantu gan,,,,,makasih banyak ilmunye,, ga semua ilmu di dapet pas d kuliahan,, wkwkkwkw,,, emang gw nya ajah yang bebel

    ReplyDelete
  20. Wah, trm ksh byk ya..
    dapat ilmu + dapat hiburan ..
    :D

    izin share ya..
    ^_^

    ReplyDelete
  21. siip...membantu banget orang yang khilangan arah ini...*lebay bangeeet*

    ReplyDelete
  22. kalo ditambah daftar tabel sama daftar gambar gmn? Jadi ada 3 daftar isi gitu dalam satu file?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip2 dgn bikin daftar isi.
      Klik tabel, klik Reference-Insert Caption-New Label (bikin label "Tabel"), begitukan semua tabel. Kl udh, klik Reference-Insert Table of Figure-pilih lebel "Tabel".
      Gambar gitu jg langkahnya.

      Delete
  23. Trus kalo BAB I nya kayak gini:
    BAB I
    PENDAHULUAN
    Jadi gak sebaris gitu kalo di daftar isi otomatisnya dibuat jadi satu baris jadi BAB I PENDAHULUAN bisa gak?
    tengkiu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. tinggal dirapiin aja/dihapus aja spasi dan huruf yg ada di antara "BAB I" dan "PENDAHULUAN" di Daftar Isi. Udh gtu, ntar kl mw update field, pilih yg Update page number only, biar ga berubah lg.

      Delete
  24. boleh usul judul blognya?
    mending gini aja:
    estehmanishangatgakpakegulatapipakees

    manis ga pake gula
    hangat pake es

    hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. usul ya jelas boleh2 aja, tp sy kan jg boleh enggak menindaklanjuti usulnya. huehe..

      Delete
  25. Mas, kalau soal page number tau caranya gak? Misalnya dalam 1 file word ada 2 jenis page number; yang satunya pake angka romawi dan yang satunya lagi biasa (1,2,3). Supaya ketika bikin daftar isi ada yang pake halaman angka romawi (mis: kata pengantar, dsb) dan ada yang pake angka biasa (mis: bab 1, 2,dst).
    Thanks in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya meskipun kamu Anonymous, bisa-bisa aja sih (ga ada hub.nya ya?)
      Pake aja Section Break (bukan Page Break ya), klik di Page Layout--Break--Section Break.
      Tiap Section bisa diatur tersendiri, Header & Footernya, termasuk Page Number. Jangan lupa Link to Previous-nya di-off-in dlu.
      Sekian. Thx u.

      Delete
  26. wah thank you yah.. kebetulan bgt lagi butuh niy u report di kantor :) - Natalia-

    ReplyDelete
  27. abang estehmanis ,,cara bikin heading 3 nya gimana yah ?
    makasi sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Within the Home tab, on the Styles group title bar, click the small × at the right hand side. This should open a Styles floating window listing the recommended styles. There are three buttons at the bottom left and Options at the bottom right. Click Options and setSelect styles to show as Recommended. Click OK. Now click the right-most of the three buttons (Manage Styles). On the Recommend tab, select Heading 2 from the list and then click the Show button below. Repeat for Heading 3. Click OK to save your changes.

      Ngerti kan, ya?

      Delete
  28. mau tanya... kenapa tiap di update daftar isinya.. daftar isi ma isi numberingnya berubah ya?? trus pas udah disave dibuka lagi format wordnya juga berubah??
    #masih belajar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. update field-nya ada 2 opsi, Mbak, utk mengupdate nomor halamannya saja pilih yg update page number only. cukup mwenjawab nggak?
      utk format word berubah, sy krg tahu, tuh.

      Delete
  29. makasih mas gan...jadi bisa bantuin quis nya cewe ane..haha

    ReplyDelete
  30. Assalamu'alaikum. salam kenal dari ict-smkpertiwi-bogor.blogspot.com. Mas, blog & postingannya manteebbbb. aplagi pake bahasanya yg santai bikin ketawa sampai lupa baca postingannya, he3... izin share mas. maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jangan lupa cara berhenti ketawa aja ya..

      Delete
  31. ini yang di cari dari tadi. thanks...

    ReplyDelete
  32. :D :D :D :D hahaha
    Ini Postingan Keren banget kata - katanya
    Bawel Banget Tutor nya :D :D :D #menarik banget
    Saya pakai Ms.office 2013
    gak jadul2 amat kayak Ms. 2003 kok
    :D :D :D thanks ya,,,

    ReplyDelete
  33. Terima kasih sangat membantu

    ReplyDelete
  34. Jalan sambil liat postingan kereenn.......^_^
    terus berkarya sob biar jadi no 1 d pencarian keyword mbh google

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  36. berhasil, tapi daftar isiny aada dalam sebuah kotak. cara menghilangkan kotaknya kayak mana gan...?

    ReplyDelete
  37. makasih banyak buat infonya,, ijin share yaa

    http://goo.gl/s39CDF

    ReplyDelete
  38. wah bagus nih. praktis dan gak perlu repot-repot membuat titik-titik manual lagi :D

    ReplyDelete
  39. Wah... Mantap banget infonya....
    Kalau berkenan, silahkan mampir ke blogku yang sederhana di
    KOLEKSI LAGU KESUKAAN
    by: Tinjakstar

    ReplyDelete