Skip to main content

Cara Bikin Daftar Isi Otomatis di Ms Word

Capek dong, yah? Tiap kali atasan ngerevisi konsep laporan, kamu harus neliti lagi halaman demi halaman buat nyocokin nomor halaman ke daftar isi? Mending-mending kalau atasan kamu (yang ngrevisi) cuma satu, kalau ada lima belas?! Sebenernya kalau kamu pinter dikit, suruh aja junior kamu yang ngerjain bikin aja daftar isinya belakangan pas laporan udah final. Tapi karena kamu maunya pinter banyak, bikin aja daftar isi otomatis! Kayak gimana tuh, yuk kita bahas. Bagi yang belum tahu, semoga berguna. Bagi yang udah tahu, ngapain kamu masih di sini? Pergi sana! Aku tidak mau melihat mukamu lagi! Enyahlah!! #becanda, *sinetron banget ya*

Sebelumnya, karena saya memakai Ms Office 2010, maka saya akan jelaskan berdasarkan versi tersebut. Apa? Kamu pakai Ms Office 2007? Ga masalah, mirip-mirip kok. Apa? Kamu masih pakai Ms Office 2003? Plis deh, itu udah sewindu lebih. Apa? Ms Office kamu bajakan? Itu urusan kamu! Apa? Ms Office kamu versi 2003 dan bajakan? Wuargh!! Apa? kamu belum bisa pake Ms Word? Apa bedanya kamu dengan atasan kamu!!! *btw, kelas ini aktif sekali ya, banyak pertanyaan*

Langkah pertama, kamu selesaiin dulu aja ‘batang tubuh’ konsep laporan --proposal, atau dokumen apapun itu-- kamu, ntar kalau udah beres baru kita bicarakan masalah Daftar Isi.

Kalau udah, kedua, blok kata atau frasa judul yang akan kamu tampilkan di Daftar Isi, lalu klik pada toolbar atas ‘Heading 1’. Biar kamu nggak bingung, garuk-garuk kepala sampe ketombemu terbang kemana-mana, ni saya kasih ilustrasinya:

Membuat Daftar Isi Otomatis (Langkah 2)

Jelas, kan ya?

O ya, mungkin judul yang kamu blok letaknya bakal kegeser-geser --tapi tenang, ga sampe geser ke monitor tetangga kok; berubah ukuran, jenis, dan bahkan warna font-nya. Kamu nggak usah sedih, karena itu bisa di-edit lagi sesuka hati kamu, kok.
 
Langkah ketiga, blok kata atau frasa sub judul yang akan kamu tampilkan di Daftar Isi, lalu klik pada toolbar atas ‘Heading 2’.

Membuat Daftar Isi Otomatis (Langkah 3)

Langkah keempat, kamu lakukan hal yang sama pada judul dan sub judul, bab, sub bab, atau apa pun itu istilahnya, yang mau ditampilkan di Daftar Isi, sampai akhir dokumen kamu. O ya, kalau ada sub-sub judul, bertarti kasih ‘Heading 3’ ya. Kalau masih ada sub-sub-sub judul, kasih ‘Heading 4’, dst kalau perlu sampai ‘Heading 99’!! Etapi Ms Ofiice nggak nyediain sampe ‘Heading 99’ deh, kayaknya. *Btw, paham, kan? Kalau nggak paham, yaaa kamu harus lebih giat lagi belajarnya ya, Nak.*

Kalau udah, langkah pamungkas adalah kamu sediakan 'lahan kosong' di dokumen kamu itu, terus kamu pergi ke tab Reference di toolbar atas, klik Table of Contents,  pilih Automatic Table of Contents. Taraaa.... Wow, mejik!

Membuat Daftar Isi Otomatis (Langkah 5)
Udah, tinggal dirapiin aja, Daftar Isinya, sesuka hati kamu --atau sesuka hati atasan kamu.

Membuat Daftar Isi Otomatis (Rapikan)
O ya, sesuai tujuan semula, biar kalau 'batang tubuh'nya di-edit dan halamannya berubah-ubah, kamu ga perlu teliti ulang nomor halaman di Daftar Isi, kamu cukup klik kanan pada Daftar Isi, terus klik Update Field.

Membuat Daftar Isi Otomatis (Update Field)
Selesai. Tutorial ini gratis, tis. Tapi kalau kamu maksa-maksa pengen bayar, kasih aja seikhlasnya ke fakir miskin di sekitar kamu ya. Sampai jumpa lagi di tutorial yang lain, insyaAllah.

Comments

  1. Thx gan..sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. sukses gan, lagi buat tugas makalah B.Indo

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih sobat udah mau membagi ilmunya .

    ReplyDelete
  4. mantep bgd nih,,
    thanks sobat!

    www.rieztoshare.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke. <-- biar beda dgn reply d atas, ditambahi hruf 'e'

      Delete
  5. iki erwin ruangan sebelah tho? oalah.. manteb bro bloge

    ReplyDelete
  6. "estehmanishangatnggakpakegula" kata yg mudah tapi sulit dicerna orang "awam" hahaha..
    agan kreatif...
    isinya juga bagus.. (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Terima kasih. Emm.., yg sulit dicerna mah kubis, kacang, sirsak, nangka, gitu2, Mas, apalagi sekulit-kulitnya. Hehehe.. <-- beda kan[?] ketawa org yg masih inget anak istri..

      Delete
  7. wooooo.. thx gan bermanfaat sekali, apa lagi buat yag mals kayak ane gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kayaknya kamu emang pemales banget ya, sampe nulis males aja 'mals'.

      Delete
  8. ya ampun terima kasih yaaaa...

    ReplyDelete
  9. Terima kasih Gan.
    Muanttteeebbbbhhhhhhzzzzzz.....
    BTW, background blok ini dinding rumah agan ya???? ^_^

    ReplyDelete
  10. mau nglawak apa kasih tips gan,, hahaha

    ReplyDelete
  11. Ane dah cobaa.. tapi masih berantakan ini bro...
    gimana deh tu ane bingung...

    ReplyDelete
  12. Terimakasih banyak gan...
    Ane lagi bingung bikin daftar isi, Alhamdulillah ketemu blog agan Sangat membantu...

    http://trolibelanja.com

    ReplyDelete
  13. Thanks ya,kebetulan gw lagi lupa tentang ini,dan ketemu ini blog...^^

    ReplyDelete
  14. jiah, elah, malah promo di mari.

    ReplyDelete
  15. maaf gan untuk merapikan kembali judul atau sub judul atau lainnya gmn, setelah klik heading 1 atau 2 kan jadi berubah bentuk? mohon penjelasannya terima kasih

    ReplyDelete
  16. Udah nyobain. Terima kasih.
    btw klo di isinya kita edit lagi trus ada halaman nya yg berubah, dari daftar isi yg udah di buat gak bisa langsung ikutan berubah juga ya nomor halamannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik kanan Update Field, Gan, di Daftar Isi-nya. Ga bisa/blm tahu yg otomatis berubah.

      Delete
  17. hahahaha meskipun agak lebay agannya, tapi masuk banget ke otak gan. makasih gan laporan ane jadi lebih clinggg, dan gak bakal diomelin dosen lagi deh gara2 pake manual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Gan. Dosen ente habis baca blog ini juga kalik. ;P

      Delete
  18. Thx Gan Infonya sangat berguna untuk membantu bikin Skripsi ane .. hehe :D

    ReplyDelete
  19. wkkkk, bahasanya, gak nahan.hehehe

    tq gan, berguna banget bahasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous yg ini mayan jeli, ga salah nulis 'bahasanya' dengan 'bahasannya' (double n). #sekalikalireplykomenserius

      Delete
  20. banyak membantu gan,,,,,makasih banyak ilmunye,, ga semua ilmu di dapet pas d kuliahan,, wkwkkwkw,,, emang gw nya ajah yang bebel

    ReplyDelete
  21. Wah, trm ksh byk ya..
    dapat ilmu + dapat hiburan ..
    :D

    izin share ya..
    ^_^

    ReplyDelete
  22. siip...membantu banget orang yang khilangan arah ini...*lebay bangeeet*

    ReplyDelete
  23. kalo ditambah daftar tabel sama daftar gambar gmn? Jadi ada 3 daftar isi gitu dalam satu file?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip2 dgn bikin daftar isi.
      Klik tabel, klik Reference-Insert Caption-New Label (bikin label "Tabel"), begitukan semua tabel. Kl udh, klik Reference-Insert Table of Figure-pilih lebel "Tabel".
      Gambar gitu jg langkahnya.

      Delete
  24. Trus kalo BAB I nya kayak gini:
    BAB I
    PENDAHULUAN
    Jadi gak sebaris gitu kalo di daftar isi otomatisnya dibuat jadi satu baris jadi BAB I PENDAHULUAN bisa gak?
    tengkiu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. tinggal dirapiin aja/dihapus aja spasi dan huruf yg ada di antara "BAB I" dan "PENDAHULUAN" di Daftar Isi. Udh gtu, ntar kl mw update field, pilih yg Update page number only, biar ga berubah lg.

      Delete
  25. boleh usul judul blognya?
    mending gini aja:
    estehmanishangatgakpakegulatapipakees

    manis ga pake gula
    hangat pake es

    hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. usul ya jelas boleh2 aja, tp sy kan jg boleh enggak menindaklanjuti usulnya. huehe..

      Delete
  26. sepele sih
    tapi sngat bermanfaat

    ReplyDelete
  27. Mas, kalau soal page number tau caranya gak? Misalnya dalam 1 file word ada 2 jenis page number; yang satunya pake angka romawi dan yang satunya lagi biasa (1,2,3). Supaya ketika bikin daftar isi ada yang pake halaman angka romawi (mis: kata pengantar, dsb) dan ada yang pake angka biasa (mis: bab 1, 2,dst).
    Thanks in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya meskipun kamu Anonymous, bisa-bisa aja sih (ga ada hub.nya ya?)
      Pake aja Section Break (bukan Page Break ya), klik di Page Layout--Break--Section Break.
      Tiap Section bisa diatur tersendiri, Header & Footernya, termasuk Page Number. Jangan lupa Link to Previous-nya di-off-in dlu.
      Sekian. Thx u.

      Delete
  28. wah thank you yah.. kebetulan bgt lagi butuh niy u report di kantor :) - Natalia-

    ReplyDelete
  29. abang estehmanis ,,cara bikin heading 3 nya gimana yah ?
    makasi sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Within the Home tab, on the Styles group title bar, click the small × at the right hand side. This should open a Styles floating window listing the recommended styles. There are three buttons at the bottom left and Options at the bottom right. Click Options and setSelect styles to show as Recommended. Click OK. Now click the right-most of the three buttons (Manage Styles). On the Recommend tab, select Heading 2 from the list and then click the Show button below. Repeat for Heading 3. Click OK to save your changes.

      Ngerti kan, ya?

      Delete
  30. mau tanya... kenapa tiap di update daftar isinya.. daftar isi ma isi numberingnya berubah ya?? trus pas udah disave dibuka lagi format wordnya juga berubah??
    #masih belajar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. update field-nya ada 2 opsi, Mbak, utk mengupdate nomor halamannya saja pilih yg update page number only. cukup mwenjawab nggak?
      utk format word berubah, sy krg tahu, tuh.

      Delete
  31. makasih mas gan...jadi bisa bantuin quis nya cewe ane..haha

    ReplyDelete
  32. Assalamu'alaikum. salam kenal dari ict-smkpertiwi-bogor.blogspot.com. Mas, blog & postingannya manteebbbb. aplagi pake bahasanya yg santai bikin ketawa sampai lupa baca postingannya, he3... izin share mas. maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jangan lupa cara berhenti ketawa aja ya..

      Delete
  33. ini yang di cari dari tadi. thanks...

    ReplyDelete
  34. :D :D :D :D hahaha
    Ini Postingan Keren banget kata - katanya
    Bawel Banget Tutor nya :D :D :D #menarik banget
    Saya pakai Ms.office 2013
    gak jadul2 amat kayak Ms. 2003 kok
    :D :D :D thanks ya,,,

    ReplyDelete
  35. Terima kasih sangat membantu

    ReplyDelete
  36. Jalan sambil liat postingan kereenn.......^_^
    terus berkarya sob biar jadi no 1 d pencarian keyword mbh google

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  38. berhasil, tapi daftar isiny aada dalam sebuah kotak. cara menghilangkan kotaknya kayak mana gan...?

    ReplyDelete
  39. makasih banyak buat infonya,, ijin share yaa

    http://goo.gl/s39CDF

    ReplyDelete
  40. wah bagus nih. praktis dan gak perlu repot-repot membuat titik-titik manual lagi :D

    ReplyDelete
  41. Terima kasih artikelnya. Sangat membantu dalam pengerjaan skripsi saya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

adverse vs disclaimer

Opini auditor mana yang lebih baik, atau lebih tepatnya mana yang lebih buruk: adverse (tidak wajar) atau disclaimer (tidak menyatakan pendapat). Terkadang --atau bahkan selalu-- ada perbedaan pendapat dalam sebuah disiplin ilmu; tetapi tidak selalu didapatkan kata sepakat. Tidak berbeda juga dalam akuntansi dan audit, para 'ahli' berbeda pendapat tentang apakah opini adverse lebih 'baik' dari opini disclaimer atau sebaliknya. Sebelum 'menentukan' jawabannya, ada baiknya kita baca kembali penjelasan masing-masing opini. Pendapat Tidak Wajar/TW ( adverse opinion ) adalah opini yang menyatakan bahwa Laporan Keuangan (LK) tidak menyajikan secara wajar posisi keuangan sesuai dengan standar akuntansi. Opini ini diberikan karena auditor meyakini, berdasar bukti-bukti yang dikumpulkannya, bahwa laporan keuangan mengandung banyak sekali kesalahan atau kekeliruan yang material. Artinya, laporan keuangan tidak menggambarkan kondisi keuangan secara

kaki kanan dan kaki kiri

Minggu pagi yang cerah, kaki kanan dan kaki kiri sedang bersepeda bersama waktu itu. Setelah keduanya hampir lelah mengayuh dan memutuskan untuk kembali pulang, mereka menyempatkan diri sekadar membeli makan pagi, alias sarapan dalam bahasa manusia. Mampirlah mereka membeli ketupat sayur di pinggir jalan, dibungkus, pakai telor. Masukkan ke keranjang sepeda di bagian depan; cukup satu bungkus yang akan mereka makan bersama; memang rukun sekali mereka berdua. Dari situ, kedua kaki itu benar-benar hendak pulang. Tapi tunggu dulu, mereka tiba-tiba ingat sesuatu. Persediaan uang di dompet tuannya menipis. Kebetulan – qodarullah, red - di seberang jalan sana ada ATM * Automatic Teller Machine , bukan Anjungan Tunai Mandiri. Mereka kayuh kembali sepedanya ke ATM yang masih satu komplek dengan Apotik Rini itu. Apotik –yang entah kenapa- paling laris dari beberapa apotik yang ber- jejer di sepanjang Jalan Balai Pustaka. Sampailah sepasang kaki itu di tempat tersebut. Ramai-ramai; rupanya se