Wednesday, November 14, 2012

random posting: motor

Gerakan Tak Terduga

Kalau saya pikir-pikir, sebab terjadinya kecelakaan lalu lintas itu cuma satu: takdir. Eh, kalau itu sih udah jelas ya. Sebab terjadinya kecelakaan lalu lintas (terutama yang melibatkan lebih dari satu kendaraan) itu -mungkin ujungnya- cuma satu: gerakan tidak terduga. Jadi, ketika seseorang berkendara, mau tidak mau dia harus memperhatikan dan 'memperkirakan/memprediksi/menduga' gerakan (arah, kecepatan, dsb.) kendaraan lain untuk menentukan gerakan kendaraannya sendiri. Nah, kecelakan dapat terjadi manakala perkiraan atau dugaan orang itu salah karena kendaraan di sekitar orang tadi melakukan gerakan di luar dugaan/gerakan tak terduga/gerakan yang tidak wajar/tidak normal, semisal motor/mobil di depannya nge-rem mendadak atau belok tiba-tiba tanpa tanda. Jadi, berhati-hatilah terhadap gerakan tak terduga pengendara lain atau jangan sampai juga Anda sendiri yang melakukan gerakan tak terduga.

Hmm, betul tidak ya, teori ini?

Lampu Motor Siang Hari

Memang agak aneh sih, ya, peraturan tentang menyalakan lampu motor pada siang hari [Undang-undang No.22 Tahun 2009 Pasal 107 ayat (2)]. Tapi, emang seperti itu sih, aturannya. Katanya sih, biar motor lebih terlihat di jalan raya[?!] dalam rangka mengurangi kecelakaan sepeda motor. Eh tapi lagi, sebenernya, kalau kamu ketangkep Pak Polisi gara-gara lupa, sengaja lupa, atau melupakan menyalakan lampu motor pas pagi atau sore hari, kamu bisa mengelak, karena aturannya itu hanya menyebutkan siang hari (ayat 2) dan malam hari (ayat 1), gak ada pagi dan sore hari. Hhe..

Cara Cepat Menghafal Jalan

Setelah kurang lebih sembilan bulan menjadi pemotor, saya merasakan bahwa naik motor itu emang cara paling mudah buat ngafal jalan ya. Beda dengan naik kendaraan umum yang kita tinggal duduk manis tahu-tahu sampai tujuan aja yang jadinya kita ga perhatian sama jalan-jalan yang kita lewatin, naik motor mau tidak mau memaksa kita untuk menghafal jalan. Kesasar sih, biasa, malah jadi tahu jalan lain juga, 'kan?

Beda Motor dangan Mobil

Beda motor dengan mobil itu: kalau kita naik mobil, pas ujan kita nggak keujanan, pas panas, kita nggak kepanasan; kalau kita naik motor, pas ujan kita nggak kepanasan, pas panas kita nggak keujanan.

Serius amat, bacanya..

moror keSAYAngan, Cah Solo

No comments:

Post a Comment