Wednesday, March 9, 2011

akuntansi keuangan vs akuntansi manajemen

Baca dulu yang ini: soal  Makalah Seminar Akuntansi Keuangan.

Kemarin malam, kuliah Seminar Akuntansi Keuangan. Tugas menulis makalah yang telah dibereskan hari Sabtu Minggu tempo hari, dikumpulkan. Judulnya, MANAJEMEN LABA, BAIK ATAU BURUK?

Sebenarnya memang agak riskan memakai kata "manajemen" dalam judul makalah akuntansi keuangan, bisa-bisa dikira salah ngumpulin makalah akuntansi manajemen di kelas akuntansi keuangan. Tetapi, karena keliatannya dosen kali ini cukup berkompeten, maka saya tak ragu memakai judul itu.

Satu jam berlalu dari jam tujuh, Sang Dosen telah selesai -mungkin sekadar- membaca-baca Judul, Daftar Isi, dan Kesimpulan puluhan makalah mahasiswa satu kelas malam itu. Segalanya berjalan baik sampai bapak itu bilang, "Ada dua makalah yang bisa dipake hari senin *senin adalah hari kelas Seminar Akuntansi Manajemen yang beliau asuh juga*, Manajemen Laba, Baik atau Buruk dan ..." *jeleger, terdengar backsound seperti suara petir menyambar di siang bolong* Itu makalah saya. Hikz..

Keyakinan saya bahwa "manajemen laba adalah topik akuntansi keuangan, dan bukan topik akuntansi manajemen" untuk sementara goyah malam itu, hanya sementara. Panik. Karena sepekan sebelumnya, ketika Sang Dosen meminta mahasiswa yang ingin maju presentasi hari pertama untuk tunjuk tangan, saya dengan pede-nya tunjuk tangan. Artinya, pekan depan saya harus presentasi! Bagaimana jika makalah itu tidak bisa dipakai sama sekali?! Membuat makalah setebal minimal 25 halaman -plus persiapan presentasi- dalam satu minggu hampir mustahil bagi saya saat pekerjaan di kantor juga sedang sibuk-sibuknya. Saya pun membujuk dan merayu teman samping kiri kanan bangku saya untuk bertukar jadwal presentasi. Nihil, tak ada yang mau membantu. *Sang Dosen masih membahas kesalahan-kesalahan dalam penulisan makalah teman-teman yang lain, tidak ada yang "separah" milik saya*

Ya sudahlah. Mencoba menenangkan diri, saya pikir-pikir, saya tetap yakin bahwa manajemen laba lebih dekat kepada isu akuntansi keuangan daripada isu akuntansi manajemen. Selesai kuliah, saya bilang ke si bapak, alhamdulillah, katanya makalah itu masih tetap bisa "dipakai", asal pembahasannya diarahkan ke akuntansi keuangannya. Sedikit berdebat dengan Sang Dosen, saya jadi berpikir, mungkin Sang Dosen salah paham karena belum membaca makalah saya tersebut seluruhnya, baru sebagian kecil, ya, sebagian kecil. Lega lah saya. Mungkin saya akan mengganti istilah Manajemen Laba dengan Rekayasa Laba agar tak lagi terjadi hal yang sama saat presentasi.

So, fokus saya untuk presentasi pekan depan, insyaAllah, jadi ada dua, MANAJEMEN LABA, BAIK ATAU BURUK? dan MANAJEMEN LABA, AKUNTANSI MANAJEMEN ATAU AKUNTANSI KEUANGAN?

yang ini judul yang jelas..

2 comments:

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    ReplyDelete