Thursday, February 24, 2011

pajak

Hari ini, ada sosialisasi pengisian SPT Tahun 2010 di kantor saya. Saya tidak ikut, nitip aja. Masa bodoh salah atau bener ngisinya. *Hhe.

Salah satu yang bikin malas hidup di negeri ini adalah pajak. Hampir-hampir tidak ada yang luput dari pajak, PPN [?] Negeri ini kaya! Seandainya sedikit pintar saja mengelolanya, tak perlu ada pajak segala. Menyusahkan rakyat jelata. Sudah begitu, sepertinya pajak juga kurang -atau bahkan tidak sama sekali- berhasil menyelesaikan masalah negeri ini, memeratakan pendapatan, menyejahterakan yang belum sejahtera. Mana [?]

Lihatlah Arab Saudi, tidak ada pajak  di sana, tetapi sekolah gratis bahkan beasiswa diberikan kepada warga negara asing untuk menimba ilmu di sana secara cuma-cuma, dapat uang saku pula. Kekayaan alam Arab bisa dikatakan hanya minyak, bandingkan dengan negeri ini yang juga punya minyak, masih punya emas, batu bara, tanah subur, laut melimpah, dan beragam kekayaan alam lainnya. dan Indonesia masih butuh pajak untuk sekadar 'hidup'[?] Hampir-hampir tidak ada hal yang lepas dari pajak di negeri ini. Dan anehnya lagi, pajak-pajak tersebut masih belum mampu membuat Indonesia bangkit dari 'sekarat ekonomi', jauh dari kemakmuran Arab Saudi yang bebas pajak.

*Ups* Sebelum saya kebablasan -menjilat ludah sendiri- mengkritik penguasa tidak pada tempatnya. Cukup. Sebenarnya fokus saya bukan ke pemerintah/penguasa, tetapi ke 'pajak' nya. Itu tadi baru dari logika saja, belum lagi ditinjau dari segi hukum Islam tentang pajak. 

Ya, semoga semuanya bisa segera berubah lebih baik. Amin.

Karena teman -yang saya titipi- lupa -atau tidak tahu SPT harus diamplopi- tidak bawa amplop, terpaksa lah saya turun menyusulkan amplop. Melihat petugas penerima SPT, sepertinya kasihan juga. Jari-jarinya mungkin sudah hampir keriting rasanya menulis sejak pagi tadi. Sampai tulisannya, yang mungkin sebenarnya bagus, jadi -maaf- jelek begini.

tanda terima SPT tahunan

1 comment:

  1. setuju, n sangat betul gan.....
    gara-gara pajak jga saya sampe nyasar ke blog agan...heheheeheh :D

    RIBET. GK ADAUNTUNGNYA JGA BAGI KITA, BIKIN PUSING

    ReplyDelete